-->

Teori Akuntansi

Apa yang dimaksud dengan perekayasaan pelaporan keuangan ?
Jawab: perekayasaan pelaporan keuangan adalah, proses pemikiran logis dan objektif untuk membangun suatu struktur dan mekanisme pelaporan keuangan dalam suatu negara untuk menunjang pencapaian tujuan Negara.

Apa yang dihasilkan dari perekayasaan pelaporan keuangan ? Jawab: Rerangka konseptual yang dapat danalogi fungsinya dengan konstitusi.

3.      Apa kaitan tujuan Negara dengan tujuan pelaporan keuangan ?
Jawab: tujuan pelaporan keuangan adalah untuk menghasilkan informasi bagi pengguna yaitu: pihak intern = karyawan, Manager dan pihak ekstern = investor-kreditor, pemerintah.
Penjelasan: dalam hal ini pelaporan keuangan menghasilkan informasi bagi pengguna. Pengguna informasi ada pihak intern dan pihak ekstern, pihak intern misalnya pelaporan ini berguna bag manger untuk mengelola perusahaan agar mencapai laba maksimum yang akan berdampak pada perkembangan persahaan sehingga dapat membuka lapangan kerja yang lebih luas.
                  Namun yang paling berpengaruh adalah pengguna ekstern (investor dan kreditor) mereka melihat laporan laba rugi perusahaan melalui laporan keuangan, dimana menjadi pertimbangan apaka perusahaan tersebut sehat atau tidak, sehingga pihak ekstern aman menginvestasikan dananya.
                  Pengaruh dana bagi perusahaan sangat besar jadi kalau investor dan kreditor mau menginvestasikan dananya maka perusahaan akan berkembang dan dapat membuka lapangan kerja lebih luas sehingga secara tidak langsung dapat mencapai tujuan Negara yaitu mensejahterakan rakyat/masyarakat.

4.      Siapa yang merekayasa pelaporan keuangan! Sebutkan dan jelaskan ?
Jawab: 1. Orang atau badan yang dianggap ahli dibidang akuntansi yaitu pakar-pakar akuntansi seperti; akademisi, praktisi contohnya : piahk dari bank Indonesia, pihak IAI, pihak dirjen pajak dll.
            2. Orang atau badan yang mempunyai kekuasaan untuk menentukan peraturan pada tingkat nasional yaitu MPR dan DPR.
            3. Tim yang khusus dibentuk untuk itu,misalnya BAPEPAM dan BPK. BAPEPAM adalah Badan Pengawas Pasar Modal dengan adanya badan pengawas para investor dan kreditor akan lebbih aman jika membeli saham melalui BAPEPAM.

5.      Bagaimana langkah-langkah perekayasaan pelaporan keuangan menurut Hendrikson (tahun 1982) sebutkan dan jelaskan ?
Jawab: langkah-langkahnya ada 8 yaitu :
            1. penentuan konsep dasar atau postulat, yang menghendaki agar perekayasaan mengidentikasi karakteristik perusahaan beserta faktor lingkungannya.
            2. penetapan tujuan pelaporan, mengarahkan perekayasaan agar menentukan siapa pihak yang dituju oleh informasi dalam lingkungan Negara yang dipostulatkan.
            3. pengidentifikasian pihak yang dituju oleh pelaporan, pemakai biasanya dipertimbangkan sebagai pihak yang mempunyai tingkat kecanggihan tertentu dan bukan pihak yang awam.
            4. pemilihan dan penentuan informasi yang diperlukan, berkaitan dengan penentuan objek-objek dan kegiatan-kegiatan perusahaan dan lingkungannya yang harus dilaporkan beserta maknanya yang relevan dengan pencapaian tujuan laporan keuangan.
            5. penentuan cara penyampaian inforamasi, berkaitan dengan masalah bagaimana kegiatan fisis perusahaan dapat diterjemahkan dalam symbol-simbol kuantitatif yang bermakna.
            6. pengidentifikasian kendala-kendala pelaporan, adalah identifikasi keunggulan-kelemahan berbagai alternative pendefinisian, pengukuran, penilaian, pengakuan dan pengungkapan informasi dalam statemen keuangan.
            7. penyusunan dokumen resmi dalam bentuk pernyataan konsep, merupakan penghubung antaran proses pada tingkat makro dan mikro.
            8. penetpan standar akuntansi dan perancangan system akuntansi dalam rangka penerapan standar adalah penyusunan system dan prosedur akuntansi untuk penciptaan dan penyajian data akuntansi.

6.      Bagaiman proses seksama yang dilakukan oleh FASB dalam menyusun pernyataan resmi dan jelaskan ?
Jawab: 1. Evaluasi masalah, FASB mengidentifikasi masalah akuntansi dan laporan.
            2. Riset dan analisis, dilakukan oleh staff teknis FASB dan satuan tugas. Hasil analisis berbentuk laporan riset.
            3. Diskusi da penyusunan memorandum. Diskusi (MD) memorandum ini berisi analisis terinci semua aspek masalah yang telah disidang pada tingkat awal.
            4. dengar pendapat terhadap MD, untuk membahas masalah yang diungkapkan.
            5. diskusi dan pertimbangan atas tanggapan Draff pernyataan, baik dari dengar pendapat maupun dari tanggapan tertulis.
            6. penerbitan Draff pernyataan (DP), untk mendapatkan tanggapan tertulis dalam waktu 30 hari setelah penerbitan.
            7. Analisis dan pertimbangan atas tanggapan DP terhadap ED (Eksposure Draft).
            8. keputusan untuk menerbitkan pernyataan atau tidak, statemen dapat diterbitkan kalau mayoritas anggota menyetujui.
            9. menrbitkan atau mengesahkan secara resmi pernyataan yang disetujui.

7.      Bagaimana proses penyiapan (Due Process) SAP, coba saudara sebutkan dan jelaskan?
Jawab: 1. Mengidentifikasi topic untuk dikembangkan menjadi standar.
            2. Pembentukan kelompok kerja dalam KSAP.
            3. Riset terbatas oleh kelompok kerja.
            4. Penulisan Draft SAP oleh kelompok kerja.
            5. Pembahasan Draft SAP oleh komite kerja.
            6. Pengembalian keputusan Draft untuk dipublikasikan.
            7. Peluncuran Draft publikasian SAP (Eksposure Draft)
            8. Dengar pendapat terbatas (komite kerja dan public)
            9. Pembahasan tanggapan dan masukan (menteri keuangan dan BPK).
            10. Finalisasi Standar.

8.      Coba saudara jelaskan aspek semantic dalam perekayasaan dan beri gambar?
Jawab: aspek semantik dalam perekayasaan merupakan penyimbolan suatu kegiatan fisis operasi perusahaan sehingga dapat dibayangkan tanpa harus menyakksikan secara fisis kegiatan perusahaan tersebut.
9.      Coba sebutkan dan jelaskan rerangka konseptual versi FASB dan versi IASC ?
Jawab: Versi FASB yaitu melayani kepentingan public dengan menyediakan struktur dan haluan pelaporan akuntansi dan keuangan untuk memfasilitasi penyediaan informasi keuangan dan yang berkaitan secara objektif yang bermanfaat dalam membantu bekerjanya pasar dalam perekonomian masyrakat (Negara).
            Versi IASC yaitu, sebagai kerangka dasar penyusunan dan penyaji laporan keuangan. Konsepnya mirip dengan konsep vrsi FASB namun karakteristik lingkungan Negara menjadi tidak relevan karena lingkup standar IASC adalah International.

10.  Coba saudara gambarkan dan jelaskan hubungan prinsip akuntansi, standar akuntansi dan PABU ?
Jawab: hubunganya adalah, standar akuntansi adalah konsep, prinsip, metode, teknik dan yang lainnya yang sengaja dipilh dan diberlakukan dalam suatu lingkungan atau Negara dan dituangkan dalam bentuk dokumen resmi (pernyataan) untuk dijadikan pedoman utam praktik akuntansi.
                  Prinsip adalah, segala ideology, gagasan, asumsi. Konsep postulat, kaidah, prosedur, metoda, teknik akuntansi yang tersedia baik secara teknis maupun praktis yang berfungsi sebagai pengetahuan.
                  PABU adalah, suatu rerangka pedoman yang terdiri atas standar akuntansindan sumber-sumber lainnya yang didukung berlaku secara resmi, yuridis, teoritis dan praktis. PABU member pedoman tentang definisi, pengukuran, penilaian, pedoman, pengakuan, penyajian dan pengungkapan objek elemen atau pos.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Teori Akuntansi"

  1. ulasannya bagus

    jangan lupa kunjungi situs akuntansi dan bisnis

    https://akupecintaakuntansi.blogspot.com/

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel